Feb 9, 2016

[TRIP] SINGAPORE IN 3 DAYS - Part I

Hai hai hai!

Postingan kali ini aku mau cerita tentang liburan ke SIngapura. Not a very long vacation, but really fun to be there. Berhubung dari akhir tahun lalu udah pengin banget liburan bareng temen kampus, kami putuskan buat ambil liburan Lunar New Year ke Negeri Seribu Satu Larangan ini hehehe. Teman seperjalanan aku kali ini adalah Hepi, Ariyo, dan Jhona. Double date? Bukan! :D

Penerbangan kami dari Jakarta (CGK), hari Jumat 5 Februari 2016, pakai maskapai JetStar, departure time pukul 21.55 WIB dan arrival time hari Sabtu 6 Februari 2016 pukul 00.40 waktu Singapura. Selama di bandara, ga ada masalah, imigrasi lancar dan anti macet, mungkin karena penerbangan kami adalah last flight di hari itu.

(Day 1: 6 Feb 2016)

Sampai di Changi, kami ke toilet dulu, bersih-bersih sekalian isi botol minum di situ. Banyak tap water yang bisa langsung dipakai buat minum, tinggal buka mulut di depan keran terus minum deh haha. Keran yang biasa buat cuci tangan di toilet juga bisa dipakai buat minum kok :D

Abis minum-minum, Ariyo pesen Uber buat antar ke hotel kami masing-masing. Kenapa pake Uber? Soalnya kami nyampek dini hari, karena MRT Cuma beroperasi sampe jam 12 malam aja. Heran deh gueeee, mobil yang dipake buat nge-Uber tuh bagus-bagus amat dah hahaha. Kami dapet drivernya, namanya Uncle John! Kalo manggil mirip kaya manggil si Jhona hahaha. Oke, dari Changi Airport sampe ke daerah Lavender ongkos Uber-nya SGD20.

Aku sama Hepi nginap di Traveller@SG Hostel. Biaya penginapan selama 3 hari 3 malam per orangnya SGD67. Fasilitas: shared bathroom (tenang aja, ga bakal sampe ngantri, dan ini bersih), dormitory bedroom (female, male, mixed), AC, Free WiFi, breakfast. Cocok buat traveller ala backpacker. (MoreDetails…)

Sedangkan para cowok nginap di Fragrance Hotel. Ini recommended juga sih buat para traveller yang senang dengan suasana hotel dan ga suka sharing bathroom. Buat liburan keluarga juga mendingan nginap di sini. Harga masih terjangkau dengan fasilitas yang oke juga. (More Details…)

Kedua penginapan ini cukup berdekatan, jadi kita kalo mau kumpul gampang, tinggal ketemuan di MRT Lavender. Cukup jalan kaki santai, 10 menit juga udah nyampe di stasiun MRT Lavender, bisa lewat pinggiran jalan Horne Rd atau lewat sampingnya V Hotel. Deket banget lah pokoknya.

Percayalah, itu tidak sejauh di peta :D

Jadi, itinerary utama di hari Sabtu adalah ke Universal Studios Singapore di Sentosa Island. Aku sama Hepi beli tiket di agen travel (nemu di French Rd) seharga SGD64 + tiket Garden by the Bay seharga SGD22. Kami berangkat pagi-pagi sekitar jam 8AM, ketemuan di MRT Lavender. Terus kami beli STP Card supaya dapet unlimited pass untuk naik kereta dan bus di SIngapura, Harga STP adalah SGD30, nanti kalo kartunya dibalikin kita bisa dapet SGD10 (ceritanya buat deposit kartu lah). Bedanya STP sama EZ-Link apa? STP harga segitu bisa buat tap-tap-tap sampe berapa kali pun alias unlimited, tapi ada masa berlakunya. Kalo EZ-Link, ga ada masa berlakunya, tapi pake saldo dan kalo abis harus top-up.

MRT Map (Feb 2016)
Menuju Universal Studios Singapore dari LavenderUntuk menuju USS dari MRT Lavender, naik kereta line hijau arah Joo Koon. Kemudian transit di Outram Park, turun disini untuk transit ke line ungu arah HarbourFront.
Sampai HarbourFront stasiun, mampir Vivo City dulu yaaa, buat cari sarapan.

Di Vivo City, kami sarapan dulu lah sebentar, terus isi minum lagi buat bekel coy :D Daripada beli, mahal banget (rata-rata harga air mineral botol SGD2. Jadi tips bepergian di SIngapura adalah, bawa botol minum sendiri! Hahaha :D)

Okey, naik lift dari lantai B2 Mall Vivo City (letaknya di sebelah kiri setelah keluar melalui exit E) ke lantai 3 Vivo City Lobby L untuk naik Sentosa Express (monorail). Kalo naik Sentosa Express, ga bisa pake STP, jadi harus beli tiket lagi harganya SGD4 udah buat PP

Sampai di stasiun Waterfront, turun lewat eskalator dan udah sampailah kita di pelataran USS :D mau foto-foto atau kemana boleeeh, tapi saran aku, kalo mau masuk USS, mending cepet-cepet deh biar antrinya ga lama dan bisa puas main-mainnya :D

Sekitar jam 7PM kami baru mau keluar USS, daaan antri naik keretanya itu lho astaga .. bisa sejam sendiri buat antri pulang :( Mana kaki udah pegel, gempor .. Semangat!!
Menuju stasiun monorail express untuk ke Vivo City, balik lagi ke MRT HarbourFront untuk menuju ke Laupasat Hawker!! (hawker: semacam tempat wisata kuliner, food stand betebaran). Di sini ada beragam pilihan makanan, dari makanan India, Vietnam, Turki, Chinese, Indonesia, dll. Harga foods and beverages mulai dari SGD1 - SGD15.
Menuju Lau Pa Sat Hawker dari USS (Harborfront)Dari HarbourFront naik MRT yang ke arah Punggol (line ungu) transit di Outram Park MRT .Pindah ke line hijau arah Pasir Ris, turun di Rafless Place, keluar lewat Exit I. Susuri D'Almeida St , ketemu Robinson Rd. Jalan teruuuuus aja, sampai ketemu perempatan besar. Nah di seberang jalan itu ketemu deh Lau Pa Sat Festive Market nya.
Berhubung udah capek banget, muter-muter plus nyasar-nyasar, akhirnya kami putuskan unuk pulang ke penginapan. Dari Lau Pa Sat, balik lagi ke Raffles Place MRT, ambil line hijau ke arah Pasir Ris, turun di Lavender.

Sampai jumpa di hari berikutnya!