Jun 18, 2015

[TRIP] THAILAND: PHUKET (DAY 3)

DAY 3 (5 JUNI 2015)

Hari ini, yang merupakan hari terakhir di Phuket, rencananya kami mau menjelajah Phuket Old Town, yang terkenal dengan bangunan-bangunan kunonya yang warna warni itu. Sesudah sarapan (oat dan kue yang dibawa dari Jakarta), kami jalan menuju Yaowarat Road. Dari hostel lumayan jauh ternyata. Kalo ga kuat, mendingan cari taksi sampe ke pertigaan di mana ada bus stop untuk ke Phuket Town.

Nah berhubung kami belum tau seberapa jauh perjalanan menuju bus stop itu. Awalnya kami ga tau harus naik yang mana, ada beberapa minivan yang lewat, tuktuk, dan truk warna pink. Setelah tanya ke orang, kami dikasih tau supaya naik Pink Songtheaw (angkutan umum berbentuk truk warna pink, dengan 3 kursi panjang) rute nomor 1. Ga lama, truk warna pink itu datang dan kami stop. Kami langsung naik ke belakang, dan kebetulan ada abang2 keneknya jadi kami pastiin dulu kalo angkot ini nyampe ke Phuket Town. Harga karcisnya 15 baht per orang (dan bener2 dikasih karcisnya loh sebagai bukti pembayaran..warna kuning). Di truk itu baru 3 penumpang alias kami doang yang baru naik. Berasa naik truk TNI gitu, Cuma agak lebih terbuka jadi semilir anginnya kemana-mana hehehe.

Dari Yaowarat Road ke Phuket Town, kira-kira 30 menitan deh. Kami diturunin di dekat bundaran di Phuket Town. Angkot itu mau belok ke kiri (ke arah pasar), sedangkan tujuan kami adalah ke arah lurusnya. Dari bus stop itu kami harus jalan sedikit ke arah bunderan dan harus mencari zebra cross buat nyebrang. Kami jalan ga tau mau kemana, karena selama kami jalan, belum ada tanda2 rumah warna warni yang kayak di referensi. Sampai pada akhirnya kami didatengin sama bapak2 tukang tuktuk yang nawarin keliling Phuket naik tuktuk. Dalam pikiran kami, pasti mahal. Kami udah siap2 nolak dan takut kena scam. Tapiiiiiiiiiii, ternyata bapak itu baik banget. Dia nawarin 50 baht per jam. 50 baht doang buat bertiga.

PHUKET CITY VIEW POINT

Tujuan pertama adalah ke View Point Phuket City. Jalanan lumayan jauh loh, naik gunung gitu. Suasana pegunungan, terus banyak suara serangga –serangga musim panas hahahaha .

Di Tuk-tuk Phuket

Sampai di lokasi, bapak itu nunjukin jalan masuk ke View Point Phuket City. Biaya masuk? Gratis! Hehehehe. Bapak tuktuk menawarkan diri buat menunggu kami selama 30 menitan. Biar kami puas menikmati pemandangan, katanya. Baik banget kan huhuhu.

Berhubung di situ masih sepi, jadi kita puas foto2 sama liat-liat pemandangan kota Phuket dari atas sini. Patung Big Buddha yang gede banget itu juga keliatan dari sini. Lautnya juga keliatan. Bagus deh.  Sayangnya hari udah mulai panas jadi kami udahan dan nyamperin bapak tuktuknya untuk ke destinasi berikutnya.

Kami ditunjukin sebuah brosur dan suruh milih mau kemana. Karena kami backpacker low budget jadi kami tolak semua tempat wisata yang bayar masuknya lebih dari 200 baht hahaha :D Pengin ke Big Buddha sih, tapi jauh bangeeeeeeeeet dari view point ini. Jadi kita pilih ke sebuah market tradisional. Eh sayang banget Cuma buka hari Rabu.Yaudah deh kami bilang ke bapaknya supaya langsung aja ke Phuket Old Town yang ada bangunan warna warninya.

Turun gunung, lewatin jalan yang sama, akhirnya sampai juga di lokasi yang mirip kayak di web referensi hohoho. Ohya, sebelum sampai situ, kami dianterin ke toko sovenir yang lagi diskon sampai 50%. Bapaknya tau banget kalo kami suka yang murah2

Total perjalanan adalah 2 jam , jadi kami bayarnya 100 baht. Sebenernya pengin kasih lebih soalnya bapak ini baik bangeeeeeeeeet. Ga tipu2, mau nungguin, terus ga dianterin ke toko yang mahal (biasanya ada yang sengaja dianter ke toko2 mahal supaya dia dapet untung juga), Tapi bapak itu mintanya sesuai dengan perjanjian, yaudah deh. Ga lupa juga kami minta foto bareng buat kenang-kenangan

Bapak yang baiiiiik :)

PHUKET OLD TOWN

Lanjut perjalanannya, dengan jalan kaki kami menyusuri lagi pinggiran jalan Phuket Old Town. Mirip kaya jalan di perumahan malahan. Sempit, tapi rapih. Banyak lampion, jadi semacam China Town gitu. Di sepanjang jalan banyak toko2 sovenir dan toko2 jajanan. Tapi rata2 pada buka jam 11 siang. Jadi ini toko2 bener2 baru pada siap2 buka.

Jalanan di Phuket TOwn

Romanee Road

Salah satu jalanan 'China Town'

Udah puas jalan2 dan foto2nya, kami memutuskan untuk balik ke penginapan karena jam check-out adalah jam 2 siang. Nah, baliknya juga naik truk warna pink tadi. Nunggunya di depan pasar, ada bus stop disitu. Kami nunggu lumayan lama kali ini.

Kami turun di persimpangan Yaowarat Road dan jalan lagi kayak pas berangkatnya. Mampir dulu di 7eleven, beli minum, haus banget. Tiba-tiba ujan. Untung kami bawa payung. Jadi jalan kaki hujan2an. Lumayan sih, gak panas banget jadinya ..

Nyampe penginapan, kami pikir udah ada warning dari penjaga penginapannya supaya kami suruh cepet beres2 kamar. Tapi sepi2 aja dan kami memutuskan buat istirahat bentar, meluruskan kaki. Jam 3-an kami turun buat check-out. Ditanyain sama penjaganya, mau kemana abis ini, dan naik apa. Kami bilang mau ke Terminal Phuket 2 buat naik bus ke Bangkok. Terus kami tanya kendaraan buat ke sana, enaknya naik apa. Eh ditawarin pesen taksi, 200 baht. Dijemput di penginapan katanya. Okelah, iya-in aja karena udah capek dan ga mau ketinggalan bus juga. Kami minta dijemput jam setengah lima aja, supaya ga terburu-buru.

Sambil nunggu jemputan, kami memutuskan buat makan siang dulu, makan nasi ayam lagi hahaha. Barang-barang dititipin di penginapan.

Makan nasi ayam terakhir di Phuket :(

Nah pas jam setengah 5, kami tanya ke penjaga penginapan, memastikan apa taksinya udah jalan? Lah ternyata taksi yang dimaksud adalah taksi hotel, yaitu mobil penjaga hotel itu hahahaha. Yaudah akhirnya kami dianterin sama mas penjaga hotel itu.

TERMINAL PHUKET 2

Udah nyampe terminal, kami tukar tiket (sebelumnya udah booking di sini) , dan masih harus nunggu sampe jam setengah 7. Ga terasa sih, soalnya di terminal Wi-Fi nya kenceng banget hehehehe.

Bus yang kita naiki itu adalah bus antarkota , model tingkat gitu. Di sana kami dapet selimut, snack, air mineral. Bus tentunya ber-AC dan nyaman untuk perjalanan jarak jauh. Perjalanan dari Phuket menuju Bangkok adalah 12 jam. Daaaaaaan, Bangkok, here we go !!

Biaya hari ke-3
Taksi                   : 200 baht/3 = 67 baht
Bus                     : 695 baht
________________________________________

Total                   : 1.612 baht (Rp 661.000)

Copyright © 2014 WELCOME TO MY WORLD !