Jun 16, 2015

[TRIP] THAILAND: PHUKET (DAY 2)

Day 1 (Touch Down Phuket)


DAY 2 (4 JUNI 2015)

Agenda: 1 Day Tour – Phi Phi Islands

Hari kedua di Phuket ..
Jam 6 pagi kami udah bangun dan bersiap mandi. Rencananya, kami akan dijemput oleh driver tour di penginapan jam 8 pagi. Ohya, untuk tour ini kami dapat promo dari RassadaPier.com , di mana harga paket tur (Phi-Phi + Koh Khai + Monkey Beach) mendapat diskon hampir 50% . Paket ini udah termasuk  Big boat, long tail boat, round trip transfers, lunch, snorkeling gear, life jacket, soft drink, buah, insurance, dan guide berbahasa Inggris. Selengkapnya di sini.

Ternyata kami dijemput lewat dari jam 8 karena drivernya harus menjemput penumpang lain dan agak kesulitan mencari lokasi penginapan kami. Jemputan berupa minibus (mirip seperti airport bus), dan kami adalah penumpang terakhir yang dijemput. Di dalam udah ada 7 orang anggota tur lainnya. Jadi di dalam mobil total 10 orang. Perjalanan dari Erawadee ke Rassada Pier tidak terlalu lama, kurang lebih 30 menit karena jalanan yang cukup sepi dan tidak banyak kena lampu merah.

RASSADA PIER

Sampai di dermaga Rassada, kami melakukan registrasi dan pembayaran. Karena kami sudah pesan, jadi kami hanya menunjukan bukti pembayaran (voucher) yang sudah diberikan lewat email. Voucher itu kami berikan ke petugas dan kami membayar sesuai dengan harga yang tertera. Kami diberikan stiker yang harus dipasang di baju, sebagai identitas rombongan F1. Di boat juga diberikan life jacket yang belakangnya ada tulisan F1.
Destinasi pertama adalah Khai Nok Island. Aku lupa berapa lama perjalanan menuju Khai Nok, karena ga berasa perjalanannya. DI boat itu ada TV, ada minibar yang bisa kita ambil softdrinknya secara free. Ber-AC juga, jadi nyaman banget di dalam kapal. Sama sekali ga bikin mabok laut.



KHAI NOK ISLAND

Sampai di dekat Khai Nok Island, boat berhenti, tapi ga di pinggir pantai. Dari boat kami harus pindah ke long tail boat untuk mencapai pinggir pantainya. Life jacket harus dipakai, dan diusahakan tidak usah membawa banyak barang karena bakal ribet banget nantinya. Bodohnya aku, aku lupa bawa sandal dan terpaksa harus merelakan sepatu kainku basah dan penuh dengan pasir -_-


Pasir pantai Khai Nok lembuuuuuuut banget, warna kuning keputih-putihan. Jangan lupa pakai sunblock karena matahari bener-bener bersinar terik tepat membakar tubuhmu. Pakai topi lebar dan kacamata hitam kalo perlu. Di meetingpoint, kami dibagikan satu-satu perlengkapan snorkeling. Kami diberi waktu 1 jam di pantai itu. 


Menurutku, di pantai itu kurang enak buat snorkeling, karena pantainya dangkal dan harus menuju ke tengah laut untuk bisa bersnorkeling. Jadi di situ kami hanya foto-foto saja dan bermain pasir serta air. It was lovely! Ah, kalo ingin duduk di kursi payung, pastikan kalian dari awal sudah menggunakan kursi itu. Aku dan Runi iseng berteduh sebentar menunggu balik ke big boat. Sialnya, datang seorang bapak yang menagih kami uang untuk membawar sewa kursi itu. 150 Baht untuk 2 orang. Padahal kami cuma menumpang sebentar -_-



MAYA BAY - VIKING CAVE

Next, kami balik naik long tail menuju ke big boat. Dari situ kami dibawa untuk melihat-lihat pemandangan di sekitar Phi Phi Lay Island, Loh Sa Mha Bay, Pi Leh Bay, dan Viking Cave. Kami tidak turun dari boat, hanya melihat pemandangan dari atas kapal yang terus melaju menuju Monkey Beach. Pemandangan yang didapat bukan main indahnya, tebing-tebing yang berjajar, didominasi warna coklat dan hijau. Air lautnya pun berwarna hijau seperti emerald. Tidak ada sampah atau kotoran yang mengapung. Benar-benar cantik.




MONKEY BEACH

Sampai di Monkey Beach, boat berhenti agak di tengah laut. Oh ternyata, inilah saatnya snorkening yang sesungguhnya. Aku dan Ria (Runi ga ikut karena sedang dalam period) bersiap-siap ke belakang kapal untuk bercumbu dengan lautan. Life jacket sudah terpasang dengan erat, kacamata dan alat pernapasan sudah terpasang. Siap nyemplung. Hmm, meskipun lautnya bening, tapi sayang, ikannya tidak sebanyak yang aku bayangkan. Cuma ketemu ikan hijau bergaris hitam, ikan kuning entah apa namanya. Koral dan terumbu karang pun kurang bervariasi. Aku berenang sampai menuju pantai, sementara Ria sepertinya udah balik ke kapal. Pasir pantainya mirip dengan Khai Nok. Lembut. Ga lama, aku balik lagi ke kapal. Capek.


Wisata bahari hampir berakhir, di kapal kami diberikan makan siang dan buah-buahan. Makan siangnya enak hehehehe, nasinya seperti di Indonesia. Ada salad, nanas asam manis, ayam goreng, dan sesuatu yang digoreng tepung (lupa apaan). Udah capek, kenyang, jadinya ngantuk. Tapi sebelum ketiduran, kami udah sampai di Phi Phi Island. Depan dermaganya mirip seperti di Tomok (Danau Toba) hehehe. Bayar masuk ke dalamnya 20 Baht per orang. Di sana kami sempatkan berfoto ria dan ternyata di bagian dalamnya ada jalan menuju sebuah pantai. Phi Phi Don.



PHI PHI DON

Berbeda dengan Khai Nok Beach, Phi Phi Don suasananya lebih tenang dan jauh lebih sepi. Kami sangat menikmati berada di pantai ini. Dengan segelas jus jeruk di tangan, aku Cuma duduk di pasir sambil melihat ombak yang berlarian menjemput pasir pantai. It was so relaxing!




Kami balik dari Phi Phi Don pukul 3 sore, dan kapal bertolak menuju dermaga Rassada. Perjalanan benar-benar akan diakhiri sore ini. Baju yang masih setengah kering membuat kami kedinginan berada di dalam kapal yang ber-AC. Aku heran dengan orang lain yang kuat hanya dengan bertelanjang dada atau tetap memakai pakaian renangnya di tempat yang ber-AC :D

Sampai di Rassada Pier, kami menemui driver yang tadi menjemput ke penginapan. Pulangnya bareng driver itu lagi dan bersama dengan penumpang yang sama. Sampai di penginapan sekitar pukul 5 sore. Ga sabar pengin cepet-cepet sampai penginapan karena kami udah capek dan pengin banget mandi.

Finally sampe juga, kami bersih-bersih badan, tiduran sebentar, terus laper. Malemnya kami jalan ke tempat biasa kami makan. Hari ini menu makan malamnya nasi ayam. Terus pulangnya beli air mineral (1.5L) di 7Eleven.

Biaya hari ke-2
Tour                                  : 1,290 baht
Sewa kursi pantai             : 75 baht
Uang masuk Phi Don       : 20 baht
Jus jeruk                           : 50 baht
Makan malam                   : 40 baht
Air mineral                         :14 bant'
___________________________________

Total                                  : 1489 baht (Rp 610.500)
Rate 1 baht = Rp410


Day 6 - 7 (Bangkok: Last Day)

1 comment:

  1. hallo kak salam kenal.mau nanya pembayaran di rassada pier itu gimana kak?lewat credit card atau on the spot yaa?ehehe makasi kak

    ReplyDelete

Copyright © 2014 WELCOME TO MY WORLD !