Jun 15, 2015

[TRIP] THAILAND: PHUKET (DAY 1)

Hai, Bloggies !! Udah lama banget ga ngurusin blog ini hehehe. Agak males sibuk sama tugas-tugas di kantor, di kuliahan, ini itu dan sebagainya :D
Nah, bulan Juni 2015 akhirnya aku bisa ambil cuti buat jalan-jalan sebentar. Trip besar tahun ini adalah ke Thailand.

• Destinasi: Phuket dan Bangkok.
  • Waktu: 3 Juni 2015 - 9 Juni 2015
  • 3 orang
Yuk disimak ^^

DAY 1 (Rabu, 3 Juni 2015)

Setelah mendapatkan tiket promo dari AirAsia (Berangkat: Jakarta - Phuket, Pulang: Bangkok - Jakarta = 2 jutaan, aku dan seorang temanku (Runi) bersiap ke bandara. Sebenarnya ada 3 orang yang terlibat dalam trip nekat ini, tapi temanku yang lain (Ria) sudah berangkat sehari sebelumnya.
Kami berdua berangkat dari Senayan ke Bandara Soekarno Hatta dengan menumpang shuttle kantor yang kebetulan punya jam berangkat yang sama, jam 12 siang. Kami sampai di Terminal 3 pukul 2 siang karena macet dan harus mengantar orang ke Kemayoran. Untunglah, boarding time jam 3.15 jadi kami ga perlu terburu-buru. Selain itu kami juga sudah melakukan web check-in dan ga ada bagasi (cukup bawa ransel aja) jadi bisa langsung naik ke lantai 2, ke boarding lounge Air Asia. Proses pengecekan imigrasi (cukup dengan menunjukan pasport dan boarding pass) dan security check juga ga memakan waktu yang lama karena kebetulan sedang lengang antriannya. Jadi kami masih punya banyak waktu untuk menunggu boarding gate dibuka.
Pesawat take-off dari Jakarta pukul 4 sore dan kami menempuh perjalanan selama kurang lebih 3 jam menuju Bandara International Phuket (HKT). Sekitar pukul 7  kami sudah landing di HKT. Antara Jakarta dan Thailand (Phuket) ga ada perbedaan waktu, namun anehnya matahari di Thailand lebih lama tenggelam daripada di Jakarta. Jadi meskipun waktu sudah menunjukan pukul 7 malam, langit masih terang dan kami menjumpai sunset dari jendela pesawat.
Turun dari pesawat, kami mengikuti orang-orang menuju pintu keluar. Oh ya, ada pengecekan imigrasi lagi. Di sini ada antrian, tapi ga terlalu panjang, jadi cuma sekitar 10 menit saja kami sudah berhasil melewati proses pengecakan imigrasi. Keluar dari gedung, kami langsung mencari Aiport Bus, sesuai dengan catatan yang kami bawa. Kami bertanya pada security tentang aiport bus menuju Phuket (Erawadee Bypass), namun sayangnya mereka kurang fasih berbahasa Inggris, dan hanya menunjuk pada sebuah minibus. Ternyata memang itulah yang disebut dengan Airpot Bus, berbeda dengan yang kami bayangkan. Selama ini kami membayangkan airport bus itu seperti Bus Bandara Damri di Jakarta.
Kami bertanya kepada supir dan memberitahukan kalo kami mau turun ke Erawadee Bypass, sesuai dengan informasi yang kami peroleh dari hotel. Supir memberitahukan bahwa harga yang harus dibayar adalah 100 Baht (sesuai dengan info dari web). Cukup lama kami menunggu di dalam minibus, sampai akhirnya seat sudah hampir terisi semua, baru diberangkatkan. Minibus cukup nyaman, ber-AC, ada Wi-Fi (tapi ga bisa login hiks), dan wangi melati. Ini bener lho, bau melati dari gantungan bunga melati yang sudah dironce.

I HOSTEL PHUKET
Sekitar 45 menit kami sampai di Erawadee Bypass, si supir dengan ramah menanyakan apa ada yang ketinggalan? Tapi sayangnya kami masih kurang paham dengan Thai English jadi ya udahlah, bilang No aja hehehe.
Runi sudah lumayan hafal dengan jalanan menuju hostel (berkat Google Street View :D) jadi ga ada masalah ketika mencari hostel meskipun hari sudah malam. Kami menginap di I Hostel Phuket (sudah booking dulu di booking.com). Lokasinya, dari Erawadee Bypass, jalan terus aja sampai menemukan 7Eleven di pertigaan jalan. Kemudian belok kiri masuk ke Sricuchart Soi. Jalan teruuuuuus aja sampai menemukan I Hostel di kanan jalan.
(Alamat lengkapnya: 100/394 Srisuchart Grandvill, Moo 5, Rassada Muang Phuket, Phuket Town, Thailand)
Sampai di hostel kami disambut oleh Ria yang sudah lebih dulu menginap di sana. Lalu kami makan malam di daerah sekitar hostel. Beli ayam goreng dan nasi, penjualnya berkerudung jadi mudah-mudahan halal :D Nasinya agak berbeda dengan nasi di Indonesia, di sini nasinya berbentuk lebih panjang dan lengket. Seperti ketan. Tapi cukup enak lah :D

Hostel yang kami tempati ga terlalu besar, tapi lucu karena warna-warni, bersih dan nyaman. Kamar dengan tempat tidur tingkat kapasitas 8 orang, ada kipas angin besar, sisi masing-masing ada lampu kecil dan colokan, sharing bathroom.

Biaya hari 1
-          Aiport bus        : 100 Baht
-          Hostel              : 300 Baht/orang/3D2N
-          Makan malam : 30 Baht
______________________________________

Total 430 Baht (Rp 176.300)